Rabu, 24 Juli 2013

Haloo KUA

Seminggu lalu vda dan mas akhirnya ngurus KUA. Dibayangan vda ngurus yg namanya surat-surat yang berhubungan sama negara & pemerintahan itu pasti ribet. Tapi ternyata perkiraan vda salah. Gak ribet-ribet banget. Karena vda juga udah googling duluan ttg berkas-berkas yg dibutuhkan. Ditambah lagi, lokasi domisili mas dan vda gak jauh-jauh, satu propinsi,satu kota, satu kecamatan, satu RW, beda RT (bilang tetangga aja susah amat...hahaha).


Cuma krna qta nikah di jkt timur jd qta berdua harus bikin surat rekomendasi ke kecamatan setempat.
Begini flownya :

RT
Minta surat pengantar dr RT yg ditandatangani sama pak RT dan pak RW
Berkas yg dibutuhkan : Fotocopy KTP dan Fotocopy KK saja.

KELURAHAN
Surat pengantar yg udah kita dapet dr RT diserahkan ke Kelurahan untuk mendapatkan Surat N1,N2,N3,N4.
Berkas yang dibutuhkan : Fotocopy KK, fotocopy KTP CPW dan CPP,Surat pernyataan belum menikah
Nah di kelurahan vda dan mas dikasih blanko surat pernyataan belum menikah, yang harus ditanda tangani diatas materai serta ditanda tangani 2 orang saksi. Bisa juga lgsg bikin sendiri surat pernyataannya. Surat ini diserahkan kembali ke kelurahan.
Biaya : @ Rp.40000

KUA KEC. DOMISILI
sebenernya akan sangat enak klo vda dan mas nikah di bekasi juga. Karena proses urusan surat nikah sampai disini saja. Tp krna qta nikah diwilayah lain, jadi qta ke kantor urusan agama yg satu ini untuk minta surat rekomendasi numpang nikah
Berkas yang dibutuhkan : surat N1,N2,N3 dan N4, Fotocopy KTP&KK CPP dan CPW.
Biaya : Rp.150.000

KUA KEC. Tempat menikah
vda nikah di halim maka masuk ke KUA kec. Makasar.
Berkas yg dibutuhkan disini : surat rekomendasi numpang nikah, fotocopy KTP dan KK CPP/W, foto 2x3 4lembar, 4x6 1lembar
Biaya administrasi disini hanya Rp.30.000 (belum dengan jasa penghulu). Mengenai jasa penghulu semua tergantung dari penghulunya. Ada yg tidak minta sama sekali dan ada yg jelas2 nembak minta sejumlah uang. Dan kebetulan vda dpt penghulu yg lgsg minta sejumlah uang meski dengan bahasa yg sangat halus. Saat itu si bapak minta scra halus1,5 juta walaupun beliau berkali-kali bicara itu bukan patokan. Akhirnya setelah rembukan dgn mas, vda berikan sebesar 1 juta.

Jadi total biaya pengurusan surat nikah yg vda keluarkan Rp.1,260,000. Alhamdulillah (tetep harus bersyukur meski dipalak..hihhi) gak terlalu besar, krna ada temen yang sampai tahap KUA kecamatan sudah habis 1 juta belum masuk biaya penghulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar