Kamis, 14 November 2013

Tentang Akad Nikah

Wah gak terasa sudah hampir satu setengah bulan Ayah menyerahkan tanggung jawab semua hal tentang vda kepada seorang pria bernama M. Yogasara Permana Putra, yang Tdk lain tdk bukan adalah suami vda saat ini.


Baiklah saat nya kita review. Akad nikah dilaksanakan di dalam gedung Griya Ardhya Garini tepatnya di depan pelaminan. Seharusnya prosesi akad nikah dimulai jam 07.00, tapi berhubung pihak mas datengnya ngaret tenan jam 5.50 baru dateng, sehingga mamake mertuae baru selesai make up 07.15, jadi prosesi dimulai pukul 07.20. Para panitia udah berisik banget dari jam 06.45, bolak-balik ngingetin ke semua kamar rias.

Seperti layaknya pernikahan yang sudah-sudah, prosesi akad nikah diawali dengan Penyerahan mempelai pria ke pihak wanita. diprosesi ini perlengkapan apa aja yang dibutuhkan :

1. Pembicara dari masing-masing pihak yang mewakili orang tua
2. Kalung Melati + Nampan
3. Mic 2 buah untu masing2 pembicara
4. Mahar, yang akan diserahkan untuk simbolis hantaran.
5. Script penyerahan dan penerimaan biar gak ngalor ngidul.

Hal yang kurang dari prosesi ini kemarin :

1. Pembicara dari pihak mas gonta-ganti pas rapat bilang si A, h-1 bilang Si B, pas hari H taunya orang lain lagi. Jadi MC otomatis bolak-balik nanya siapa nama wakil dari mas.
2. Mas pontang-panting nyari script penyerahan. Haizzz padahal udah diemailin kapan tau. Untung Om yang ngewakilin keluarga Vda ngeprint juga naskah buat keluarga mas.
3. Lagi-lagi dari pihak mas. Jadi cincin itu baru dibeli H-1, jadi gak sempat hias cincin dan mahar jadi satu. jadi pas penyerahan simbolis agak gak umum (bisa dilihat di foto yaa).
4. Mas nenteng mahar sendiri, padahal di rundown udah ditulis siapa yang tugas bawa mahar.

Ini dia dokumentasi prosesi penyerahan mempelai Pria :

Keluarga Vda

Kalung melati

Rombongan keluarga Vda

Mas bawa mahar sendiri zzz

Rombongan Keluarga mas

penyerahan simbolis mahar. agak gak lazim

Penyerahan simbolis jadi dua kali karena terpisah maharnya
Add caption


Mas Siap digiring





Setelah penyerahan tentunya masuk ke prosesi akad nikah Mulai dari pembukaan, Penjemputan mempelai wanita, pembacaan ayat suci Al-quran & saritilawah, Nasihat perkawinan, lalu Proses utama Ijab Kabul. 
Memang sengaja minta untuk dihadirkan dalam akad nikah, tapi tidak disandingkan dengan mas. Melainkan duduk disamping ibu. Kenapa begitu? karena vda mau  menyaksikan proses ijab kabul, mendengarkan nasihat perkawinan, dan lebih merasa tenang klo disamping ibu daripada harus duduk di meja akad.
Nasihat perkawinan juga vda atur sebelum akad nikah, supaya dengan adanya tausiyah baik mas atau vda lebih mantap dan yakin untuk menuju pernikahan. 

Langsung aja lihat hasil liputannya yaa :


Meja Akad

Keluarga Mas

Pengantinnya udah dijemput


Dag dig dug


Suka hasil candid yang ini 

nasihat Perkawinan

Ijab Qabul

Ketika Ayah menyerahkan tanggung jawabnya

Dan mas menerima utk menggantikannya

Ijab Qabul sukses..hihi

















Prosesi akad nikah Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan khidmat, walaupun sempat ada kerempongan sebelum acara. Oiya pak penghulu lumayan ngaret 15 menitan, untung Bapk ustadz abi daud bisa memperpanjang nasihat perkawinan. Jadi gak ada jeda waktu kosong. Dan satu lagi sempat ada misskom juga sama Nikirani. Jadi MC akad diambil alih sama keluarga vda, so MC dari Nikirani gak dipake, rada-rada kesel juga mbak Sandra. Hmmm tapi gpp lha yaa, kan feenya gak diminta lagi mbak. hehehe. 

Klo vda review dari proses akad nikah vda kemarin, selain hal2 diatas yang vda sebutkan. Hal -hal yang harus diperhatikan lagi adalah : 

1. Penghulu, geber terus, klo perlu telpon tiap menit. Itu yang panitia vda lakukan. Kebetulan si Pak penghulu tidak bersedia di jemput. 

2. Jangan sampai ada jeda waktu kosong, klo misalnya penghulu belum tiba, dan kebetulan ada nasihat perkawinan selepas akad, lebih baik dimajukan. 

3. Perhatikan waktu dari tiap-tiap prosesi. Klo sdh lewat jauh dari jadwal lebih baik ada hal-hal yang tidak terlalu penting, di skip. Seperti kemarin karena Awal acara sudah ngaret, pak penghulu ngaret, maka prosesi permohonan izin sengaja di skip. ada untungnya di skip jadi vda gak perlu sesek napas karena mewek dan si Mas juga gak makin grogi. 











4 komentar:

  1. sukaaa liat fotonya..khidmat ya vi..vdanya juga cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makacih put. Iya Alhamdulillah khidmat, walo banyak kerempongan sebelum mulai. :)

      Hapus
  2. Hai mbaakkk.. ini jadinya nikahnya di gedung apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Mariana, sudah aq sebutkan kok nama gedungnya di tulisan ini. Aq nikah di Griya Ardhya Garini

      Hapus