Rabu, 04 Desember 2013

Upacara Panggih

Kemarin  diacara pernikahan vda, sengaja memasukan satu acara adat Jawa yaitu upacara panggih. Upacara adat ini, memang dikemas sesimple mungkin. Panggih tidak masuk dalam paket catering, ini langsung nambah ke pihak sanggar yaitu Roemah Manten Veni Rahman. Biaya yang dikeluarkan untuk panggih Rp.1,5juta. Yang vda dapatkan dengan biaya tersebut yaitu semua perlengkapan panggih (tidak termasuk kembar mayang dan pikulan) dan MC. 
Berikut vda infokan urutan upacara panggih : 

1. Balangan gantal ( lempar sirih ) 2. Injak telor 3. Sinduran ( digiring menuju pelaminan ) 4. Pangkon / timbang 5. Kacar kucur 6. Dulangan 7. Tilik pitik ( menjemput besan ) 8. Sungkeman

Jujur aja upacara panggih, kemarin kurang persiapan. Seharusnya dalam rombongan ada urut2annya, misal dari pihak mas yang akan membawa pisang siapa, yang akan mendapingi mas siapa. Karena vda gak kepikiran, jadi gak begitu sesuai dengan pakemnnya dan budenya mas sempet pontang panting untuk cari rombongan. Maap ya bude merepotkan. hiihihih. Tapi gpp, upacara adat ini tujuannya supaya meriah aja kok. Over All lancar. Panitia waktu itu hanya kasih waktu untuk upacara panggi 20 menit dan bisa tepat waktu selesainya.

Ini foto-foto liputannya :

1. Balangan Gantal












2. Injak Telor








3. Sinduran




4. Timbangan


5. Kacar Kucur




6. Dulangan



7. Tilik Pitik




8. Sungkeman










Selesai deh rangkaian upacara panggihnya. Dan vda berhasil masuk ruang rias di jam 9.15. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar